[@gigya width="0" height="0" src=http://www.widgipedia.com/widgets/givemeone/mub6_-25032-8192_134217728.widget?__install_id=1387735147747& width=200 height=80 wmode=transparent type=application/x-shockwave-flash" quality="autohigh" loop="true" wmode="transparent" menu="false" allowScriptAccess="sameDomain"]

Sabtu, 20 September 2014

Sepesifikasi Mesin Bus Mercedez Benz O 500 R

Mercedes Benz O 500 / OH 1830


Mercedes Benz O 500 / OH 1830OH 1830 keluaran terbaru dariMercedes-Benz yang saat ini sedang tenar-tenarnya, tidak cuma di kalangan pengusaha bus tetapi juga para fans penggemar bus. Chassis ini memang beda dengan Chassis-chassis sebelumnya. paling mencolok adalah penggunaan teknologi frame space, dengan teknologi ini menggantikan model chassis konvensional pada umum yang menggunakan besi besar atau ladder frame.
Spesifikasi Teknis  OH-1830
Sumber : PT. Mercedes-Benz Indonesia

Engine          : OM926LA Euro III
Type             : 6 Cylinder in line
Power max   : 300 hp/2200rpm
Torque max  : 1200nm/1400rpm
Dispacement : 7201cm3
Transmission : ZF S6-1550 6 speed
Suspension   : air suspension
Steering       : ZF 8098
Tyres           : 8.25 x 22.5
Ladder frame Vs Space Frame
Chassis ini terdiri dari 2 modul, front modul (driver compartement dan front axel) dan rear modul (rear axel dan engine compartement). Engine OH 1830 keluar dari ATPM di hubungkan dengan sebuah chassis sementara yang pendek untuk pengiriman ke karoseri-karoseri, tetapi sesampainya di karoseri akan di lepas menjadi 2 bagian, Kemudian Chassis akan di rancang dan di buat oleh karoseri dengan standart material chassis yang di awasi langsung dari pihak Mercy. 
Chassis space frame di bangun menggunakan pipa-pipa kotak (Bahan Material recomendasi dari Mercy) yang bertujuan untuk memberikan ruang bagasi yang ekstra besar, sehingga sangat cocok untuk bus pariwisata atau bis antar propinsi dimana penumpang sering membawa barang bawaan yang banyak.
Suspensi depan menggunakan 2 airbellow dengan 4 telescopic shock absorbers. Suspensi belakang memakai 4 airbellow dengan 4 telescopic shock absobers. Rem depan dan belakang sudah menggunakan discbrake serta dilengkapi dengan hydarulic retarder dan ABS. 
Chassis O500/OH1830 menggabungkan keunggulan teknologi suspensi dan mesin kepunyaan Mercedes-Benz, memberikan kinerja tinggi dalam beban yang berat dan kondisi jalan yang tidak menentu. Built-in air suspension dan penempatan mesin di belakang memberikan kenyamanan dan keamanan untuk penumpang. O500/OH1830 tersedia dalam transmisi otomatis dan retarder terintegrasi.
Mercedes Benz O 500 / OH 1830
Foto mesin dari Bismania
Dari sisi mesin sendiri OH1830 ini menggunakan mesin tipe OM926LA 6 silinder 7200 cc bertenaga 300hp. Dibandingkan Scania atau Ankai, OH1830 memili mesin yang lebih kecil tapi memiliki power dan torsi yang cukup besar. 
Sekian review singkat mengenai Chassis OH 1830, tunggu update review berikutnya yang lebih mendalam.




MERCEDES BENZ CHASSIS OH 1836 | OC 500 RF

Mercedes Benz OH 1836L
Mercedes Benz setelah meluncurkan Chassis dengan suspensi udara (Air Suspension) seri OH 1626 kemudian OH 1830 saat ini yang terbaru adalah Chasis OH 1836 dimana Chassis ini mampu dibebani hingga 18 Ton dan bertenaga 360 HP. luar biasa sekali karena Chassis Mercy OH 1836 dikategorikan sebagai Chassis kelas premium jadi untuk harga jangan di tanya. Karena saat ini Chassis Mercedes Benz OH 1836 tergolong masih baru banyak dari PO (Perusahaan Otobus) melirik untuk membangun sebuah bis di atas chassis ini dengan berbagai model dari karoseri, misal dengan baju model JetBus dari Adiputro atau, Scorpion King dari Karoseri Tentrem atau model-model yang lain dari karoseri -karoseri di Indonesia.
Chassis OH 1836 dibuat dengan model Space Frame seperti halnya OH 1830 dan OH 1626 yang bertujuan untuk menambah kenyamanan penumpang, peningkatan kualitas dan biaya perawatan yang lebih murah. Untuk lebih jauh mengenai Chassis MB OH 1836 mungkin baiknya mengetahui spek dari Engine dan chassis Mercedes Benz OH 1836.

Tehnikal Spesifikasi Mercedes Benz OH 1830/ OC 500 RF
Engine Model
MB OM 475 LA. III/22 ; Euro III
General Characteristics
6 cylinders, vertical in-line, turbo charged and intercooled
Power max 
260 kW (354 cv) @ 2000 rpm
Torque max 
1600 Nm  @ 1100 rpm
Displacement 
11.967 cc
Clutch Model 
MFZ 430
Type 
Single disc
Actuation 
Hydro pneumatic with servo-assistance
Gearbox Model  
MB GO 190
Manual with 6-speed transmission
Shifting system  
Manual lever, by cables
Synchronized gears 
6
Gear ratio  
i=8.17/4.65/2.79/1.81/1.25/1.00 and R= 7.68
Maximum speed (km/h)  
120
Maximum ramp capacity (%) 
Vehicle loaded  ;  48 %
Front Axle Model
Independent  RL 75 E
Technical loads
7.100 Kg
Rear Axle Model
MB- HO 6 / 3 DCL(S)-13
Gear Ratio
i=3,154
Technical loads
11.500 Kg
Front Suspensions  Type
Pneumatic, with 2 air bellows
Shock absorbers
2 telescopic with double action with Stabilizer bar
Rear Suspensions Type
Pneumatic, with 4 air bellows
Shock absorbers
2 telescopic with double action  with Stabilizer bar
Steering  Model
ZF 8098  Hydraulic, power assisted
Wheels and Tires
Wheel ring / Tires
8.25x22.5/ 295/80 R 22.5
Alternator
1 X 28 V / 140 A
Battery
2 x 12 V / 200 Ah
Brakes  /  Safety related
EBS – Electronic Brake System (Wabco), ABS and ASR integrated
Service Brake
Dual circuit full air brake with disc brake front and rear
Parking Brake
Chamber with accumulative spring, pneumatically operated

Nah itu tadi spesifikasi chassis dan engine MB OH 1836 dari tabel di atas bahwasanya Chassis ini memang di peruntukan bagi bis kelas premium yang mengutamakan kenyamanan dilihat dari suspensi udara yang indipendent (front Axle), dimana Axle depan dapat di bebani hingga 7,1 Ton dan Axle belakang dapat dibebani 11,5 Ton 
Foto-Foto Chassis Mercedes Benz OH 1836

MERCEDES BENZ CHASIS OH 1836 | OC 500 RF

MERCEDES BENZ CHASIS OH 1836 | OC 500 RF

MERCEDES BENZ CHASIS OH 1836 | OC 500 RF

Kelebihan menggunakan Chassis MB OH 1836 adalah selain suspensi udara yang super empuk, PO (perusahaan otobus) juga dapat membuat bis yang lebih panjang hingga 12,8 Meter karena sebelumnya chassis bis memiliki panjang maksimal 12 meter saja. Dengan demikian kapasitas penumpang / seat bertambah, pastinya menambah keuntungan :) 
Dimensional OH 1836
Wheel Base6.650 mm
Front Overhang2.680 mm
Rear Overhang3.470 mm
TOTAL 12.800 mm

Dan untuk membangun sebuah bodi bis dengan chassis OH 1836 pastinya harus memenuhi beberapa kriteria dan syarat ketentuan dari Mercedes benz yang paling utama adalah material tubular pipe harus sesuai rekomendasi, biasanya menggunakan seri pipa STKM 13B dengan pengujian kekuatan sebagai berikut :  Tensile Strangth  ≥ 440 N/mm², Yield Strength ≥ 305 N/mm² , Elongation 15-20 % atau setidaknya lebih tinggi dari material yang di rekomendasikan.
MERCEDES BENZ CHASSIS OH 1836
MERCEDES BENZ CHASSIS OH 1836

0 komentar:

Posting Komentar